Beranda | Artikel
Keimanan Menghilangkan Segala Keraguan - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman
Senin, 12 Maret 2018

Bersama Pemateri :
Syaikh `Abdurrazzaq bin `Abdil Muhsin Al-Badr

Keimanan Menghilangkan Segala Keraguan adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (التوضيح والبيان لشجرة الإيمان), sebuah kitab buah karya Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As-Sa’di rahimahullah. Pembahasan ini disampaikan oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr. Kajian ini disampaikan pada 17 Jumadal Akhirah 1439 H / 05 Maret 2018 M.

Download kajian sebelumnya tentang Buah dan Faidah dari Keimanan Bagian 5 – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman

Status program kajian kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman: Telah Selesai. 

Kajian Tentang Buah dan Faidah dari Keimanan Bagian 5 – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman

Diantara buah keimanan adalah bahwa iman menghilangkan segala keragu-raguan yang muncul. Yang mana keragu-raguan tersebut dapat merusak agama seseorang. Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّـهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ لَمْ يَرْتَابُوا …

Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu…” (QS. Al-Hujurat [49]: 15)

Maksud dari ayat ini bahwa iman pada diri mereka melawan segala keraguan yang ada pada diri mereka dan bahkan menghilangkan keragu-raguan tersebut. Juga iman pada diri mereka menolak segala bisikan-bisikan yang dibisikkan oleh setan baik itu dari kalangan jin dan manusia maupun bisikan-bisikan dari hawanafsu yang selalu mengajak kepada keburukan. Karena tidak ada yang bisa melawan bisikan-bisikan tersebut kecuali iman yang kuat yang ada dalam hati seorang yang beriman.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لاَ يَزَالُ النَّاسُ يَتَسَاءَلُونَ حَتَّى يُقَالَ هَذَا خَلَقَ اللَّهُ الْخَلْقَ فَمَنْ خَلَقَ اللَّهَ فَمَنْ وَجَدَ مِنْ ذَلِكَ شَيْئًا فَلْيَقُلْ آمَنْتُ بِاللَّهِ

Manusia tidak akan henti-hentinya saling bertanya hingga muncul pertanyaan Allah menciptakan mahluk. Lalu siapa yang menciptakan Allah. Maka barangsiapa yang menemui pertanyaan yang semisal maka katakanlah aku beriman kepada Allah” (HR Muslim)

Dalam hadits ini Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan obat yang manjur untuk menyembuhkan penyakit yang berbahaya ini. Yaitu ada tiga hal:

Pertama, hendaklah berhenti dari bisikan-bisikan ini. Kedua, ketika bisikan itu datang hendaknya seseorang berlindung diri dari bisikan setan yang selalu membisikkan keburukan kepada hamba-hamba Allah subhanahu wa ta’ala. Ketiga, berlindung diri dari keimanan yang benar. Dimana barang siapa yang berlindung kepada keimanannya maka dia termasuk orang-orang yang mendapatkan keamanan. Hal itu dikarenakan kebatilan akan nampak bahwa itu batil dengan beberapa hal. Diantaranya adalah ilmu yang menjelaskan kepada kita bahwa kebatilan itu bertentangan dengan kebenaran.

Simak Penjelasan Lengkap dan Downlod MP3 Ceramah Agama Buah dan Faidah dari Keimanan Bagian 5 – Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/30345-kaimanan-menghilangkan-segala-keraguan-kitab-taudhih-wal-bayan-li-syajaratil-iman/